Selasa, 21 Oktober 2014

CARA ME-REMOTE ANTAR PC DENGAN RDC (REMOTE DESKTOP CONNECTION

Networking atau jaringan komputer adalah istilah untuk sekumpulan komputer atau  alat sejenis komputer yang saling terhubung dengan media komunikasi sehingga memungkin bisa saling akses data. Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita terhubug dalam satu jaringan komputer. Seperti misalnya : Berbagi data dengan cepat, berbagi penggunaan printer, mendapatkan koneksi internet, mengendalikan komputer lain, dan masih banyak lagi. 

Untuk kali ini yang akan dibahas adalah bagaimana cara mengendalikan komputer yang lain yang terhubung dalam satu jaringan komputer. Cara ini dapat kita lakukan untuk mempermudah kita jika seandainya ingin menggunakan komputer yang lain yang jaraknya jauh dari posisi kita berada. Untuk dapat mengendalikan komputer lain, ada beberapa persyaratan yang harus kita penuhi. Pertama pastikan komputer yang kita gunakan menggunakan system operasi Windows (dalam tutorial kali ini akan dijelaskan Remote Dekstop yang ada pada Windows 7) dan yang berikutnya adalah 2 atau lebih komputer yang saling terhubung dalam satu jaringan komputer. 

Sebelum kita bisa me-remote (mengendalikan komputer lain) ada beberapa settingan yang perlu kita lakukan pada komputer yang akan dikendalikan. Pastikan user account pada komputer yang akan dikendalikan memiliki password. 


JIKA BELUM ADA PASSWORD PADA USER ACCOUNT, KITA BISA MENAMBAHKANNYA DENGAN CARA SEBAGAI BERIKUT :

  • Tahap 1: Klik Start > Control Panel>Klik User Accounts
     

  • Tahap 2: Di Control Panel klik User Accounts and Family, Kemudian klik User Accounts
      

Yang perlu diperhatikan di sini, user accounts nya menggunakan nama Administrator. Untuk penamaan user accounts bisa berbeda tergantung pengguna komputer. 

  • Tahap 3: Jika sebelumnya belum ada password pada user accounts. Klik “Create a password for your account”
     

  • Tahap 4:  Masukkan password pada kolom “New Password” dan ulangi pada kolom “Confirm new password”. Lalu Klik Create password
     


KEMUDIAN KITA HARUS MENGAKTIFKAN FASILITAS REMOTE DEKSTOP. LANGKAH-LANGKAHNYA SEBAGAI BERIKUT :

  • Langkah 1: Klik pada icon windows> Computer dan kemudian klik kanan dan pilih properties
      

  • Langkah 2: 
Cara 1 : Klik Remote Settings

     

Cara 2: Masuk ke Windows Explorer atau tekan (Logo Windows + E). Kemudian Klik Kanan pada "Computer" dan pilih "Properties". Terlihat seperti gambar dibawah ini  :

     

  • Langkah 3: Setelah itu Klik Tab Remote. Lalu pada bagian Remote Destop berikan tanda centang pada tulisan "Allow users to connect remotely to this computer". Klik Apply lalu Klik OK
      

Ketentuan settingan ini berlaku untuk semua komputer yang akan diremote (host/clientnya). Untuk me-remote komputer host/client kita harus tahu hostname/ip komputer dan user name komputer tersebut (Lokal) serta komputer client harus diberi password. Untuk "Select User" itu digunakan untuk memilih user yang diperbolehkan meremote komputer tersebut, konsep ini berlaku untuk jaringan yang sudah menggunakan Aktif Directory atau jaringan yang sudah menerapkan sistem Domain pada jaringannya.

Setelah komputer yang akan dikendalikan selesai di setting. Kini saatnya kita bisa mengendalikan komputer tersebut. Untuk bisamengendalikan komputer lain dengan menggunakan fasilitas Remote Dekstop, kitaterlebih dahulu harus mengetahui IP Address atau Computer Name yang dituju. Serta harus mengetahui User Account dan Password komputer tersebut. 

  • Langkah 1: Klik Start > All Programs > Accessories > Remote Dekstop Connection. Atau dengan cara masuk ke Run, ketikkan perintah "mstsc"
       

  • Langkah 2: Masukkan IP Address atau Computer name yang dituju > klik options.
      

  • Langkah 3: Jika muncul jendela berikut, klik Save As…
      

  • Langkah 4: Pilih Desktop > ganti nama file > klik Save....
      

  • Langkah 5: Setelah itu, jika muncul jendela berikut maka klik Connect, dan pilih YES.
      

  • Langkah 6: Masukkan User name dan Password komputer yang akan dikendalikan.
  1. Pada laptop target tekantombol windows + tombol pause/break atau Klik Start dan klik kanan   pada Mycomputer kemudian klik properties.
  2. Pilih tab remote, klik allow users to connect remotely to this computer pada groups remote desktop.
  3. Selesai, OK. Ingatlah IP address laptop target ini, misal 192.168.1.1
Selanjutnya pada laptop kita (laptop pengendali) lakukanlah hal berikut ini :
  1. Klik menu start pilih All Program > accecories > communications > Remote Desktop Connection. 
  2. Masukkan IP address komputer target misal 192.168.1.1 kemudian klik connect.
  3. Klik username dan masukkan password komputer target, tekan ENTER.
  4. Selamat Anda telah berhasil mengendalikan dan mengoperasikan laptop target.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar